kura-kuraku…

14 Feb

Kura-kura kecilku

Ya, aku mempunyai  dua ekor kura-kura, yang jantan kuberi nama ’dino” sedangkan yang betina namanya ’dina”. Sebuah oleh-oleh dari kakakku ”haryo Wicaksono yang sekolah di jogja”.  Saat itu aku masih kelas 5 SD, aku masih ingat jelas tgl 7 Agustus 1999 malam hari, katanya di dalam bis ia memasukkan kura-kura tersebut kedalam botol aqua, harap maklum, kala itu ukuran dina dan dino mungkin masih sebesar biji jengkol, jadi cukup.  Saat pertama kali mendapatkan aku senang sekali, seperti mendapatkan teman baru.

Kata mas haryo kura-kura itu merawatnya mudah, secara aku selalu mati jika memelihara ikan cupang atau koki, kura-kura mampu tidak makan selama seminggu, aku senang sekali. Makanan nya pun mudah, seperti kangkung, bayam, pelet, udang dan ikan-ikan kecil. Dulu saat persediaan sayuran di rumah  habis maka aku tidak memberi mereka makan, jahat sekali bukan? Tetapi karna kasihan melihat dina dan dino yang kelaparan maka bapakku meberi mereka nasi, dan kupikir mereka tidak akan doyan atau tertarik, namun dugaanku salah, mereka lahap memakannya, ya mungkin karna kepepet.kelaparan.

Dulu aku pernah membawa dino, ke TPA tempat aku mengaji, kumasukkan ke dalam kantong dan kubawa kemanapun kumau., bersepeda keliling desa. Ketika kuperlihatkan pada teman-teman mereka heran karena leher dino bisa memanjang, untung dino tidak pipis di lantai masjid.

Pernah waktu itu aku mencium dina dan dino dihadapan teman-teman SD ku, semua heran,..mungkin mereka jijik.. jariku juga pernah digigit…tapi untung tidak parah. Dan gak Cuma aku yang jadi korban keusilan dina dino, beberapa keponakanku juga pernah digigit oleh kura-kuraku itu. Namun mereka malah tertawa kegirangan.

2 Tanggapan to “kura-kuraku…”

  1. hana3 14 Februari 2011 pada 05:11 #

    pernah makan nasi?? Dinar dina dino ddd…
    Kalau skrg nggak mungkin di ajak kuliah ya? 🙂

  2. ranid007 14 Februari 2011 pada 05:15 #

    ya sedikit narsis boleh kan..aku suka huruf d..boleh kapan2 kuajak..

Tinggalkan Balasan

