Antara aku dan Sailormoon

28 Feb

Ketika ku kecil aku suka sekali menonton kartun yang satu ini, aku maih ingat kartun ini dulu diputar setiap hari minggu pagi pukul 7. Selesai membantu ibu mencuci piring dan menyapu rumah  aku yang belum mandi sudah duduk manis di depan tv. Meski terkadang ibu suka marah-marah kalau aku belum mandi, tapi nanti yah bu, setelah kartun kesayanganku ini habis..ibu terkadang memaklumi hal itu, tapi tidak jarang juga aku kena marah dan harus menuruti perintahnya, mandi pagi, bukan tepatnya mandi kilat alias mandi bebek. Aku kagum sekali dengan keberanian mereka juga kecantikan mereka, sampai-sampai aku pernah bercita ingin menjadi sailormoon,.membela kebenaran dan bertemu dengan pria tampan seperti mamoru chiba, dan kami melawan muuh bersama-sama, sekarang setelah aku pikir-pikir hal itu adalah hal yang cukup konyol,..tapi yah namanya juga anak kecil.. aku memaklumi kekanak-kanakanku itu…dan kuakui ketika melihat komiknya aku masih saja ingin membelinya. Aku masih ingat tokoh-tokohnya..nih daftarnya..

Ia adalah gadis ceroboh, namun baik hati, di saat terjadi kejahatan ia bisa berubah wujud menjadi pahlawan pembela kebenaran “Sailormoon”, ia adalah reinkarnai dari Princess Serenity, putri bulan yang hidup kembali sebagai Usagi, Dengan kekuatan Bulan akan Menghukummu...ciyaaaaaaaaaaa (Moon Healing Ecation)

Ami Mizuno, ami gadis yang pandai, bisa berubah wujud menjadi Sailor Merkuri dan memiliki jurus andalan ”Bubble Spray”.

Ai Minako, kadang-kadang menjadi sailor venus, kadang menjadi Sailor V, Keduanya Ai Minako.

Rei Hino, pendeta kuil hikawa, yang bisa berubah wujud menjadi Sailor Mars dan memiliki jurus andalan ”Fire Soul”

Mako Kino, gadis baik hati yang kuat, Sailor Jupiter.

Kucing hitam yang bisa bicara, selalu membantu Usagi.

Kucing putih penolong Venus. Pacar Luna?

keluarga usagi

selanjutnya ada:

  1. Kenji Tsukino, papa usagi yang selalu baik hati.
  2. Ikuko Tsukino, mama usagi yang cerewet dalam soal nilai.
  3. Shingo Tukino, adik usagi yang sedikit sombong.
  4. Umino, anak aneh teman sekelas Usagi.
  5. Naru, sahabat Usagi, anak orang kaya.
  6. Bu Sakura, Wali kelas Usagi, Guru bahasa inggris.
  7. Kak Sento, Pemilik Game Centre yang disukai Usagi.

Sedangkan musuh para sailor ialah:

Dark Kingdom

  1. Queen Veril, Penguasa Dark Kingdom yang ingin menguasai kerajaan bumi.

    queen veril

  2. Jadelte, anak buah Queen Veril, Kaisar Pertama.
  3. Nefrite, anak buah Queen Veril, Kaisar Kedua.
  4. Zolsate, anak buah Queen Veril, Kaisar Ketiga, yang sifatnya kejam.
  5. Kunsite, Kaisar Keempat, pemimpin dari empat Kaisar.

sailormoon-tuxedo bertopeng

 

Ternyata,,.

28 Feb

Di suatu sore di bulan desember, ketika mbak ambar dan suaminya naik haji, dan ketika nesti dan kiki berkunjung dirumah,  nesti membawa fasilitas modem dan lepinya…pikri, keponakanku, kelas 5 SD pun tertarik untuk online..facebookan..lalu ada chat dari fahri temannya pikri…(aku, nesti dan kiki celingak-celinguk di belakang fikri sok sibuk, padahal mengawasi dia) nihh  penggalan chatnya:

Fahri: hei pik, dmn lo?

Pikri: di rumah..

Fahri: kok gak ama nabela?

Pikri: belum dijawab     cukup lama..(nabela adalah  gadis manis yang digosipkan suka dgn pikri dan karna pertanyaan itu pikri bngung, salah tingkah, malu ada aku, nesti dan kiki, lalu karna dia kelamaan jawab maka dengan keusilanku kuketik..juga jawabannya )

Pikri: Dihatiku,…

Fahri: ckcckw..ckw…

Pikri: (mengelak tapi senyum malumalu di depan kami, lalu kusuruh dia ngaji dan    menyerahkan wasiat untuk melanjutkan perbincangannya dengan fahri via fb itu..)

Fahri: pik, lo tau gak sapa pacarnya bagas?

Pikri: nggak..emng sapa?

Fahri: itu loh…

Pikri: oh..

Fahri: pik, lo tau gak sih yang suka ama gw dikelas..

Pikri: gak..(aku yang jawab, bingung mo jawab sapa, aku gak tau nama tmn pikri)

Fahri: masak sih,..kyknya ada deh yang suka ama gw di kelas…

Pikri:$##*!~)&*#$$ ( aku: Ge er banget ih loh..gak kublz)

Fahri: aku main dulu yah pik..

Pikri:…

Lalu Pikri pulang dan kuceritakan semuanya, ia senyum malu, kaget, syok juga ketawa-tawa..katanya oh itu toh pacarnya bagas..

Sejak saat itu pikri sering sekali bercerita tentang pacarnya bagas, dan hal-hal yang sedikit berhubungan dengan nabela..

Beberapa bulan kemudian…

Malam hari, habis magrib..

Pikri: bulek pinjem hp nya sih..kata temenku masak nabela kirim love-love di fb ku..(kelihatan memohon)

Aku; (bingung, heran ,kaget tapi usil..) nih..hp nya..

Pikri: (asik bikin status, gak jadi-jadi) gmana sih..ini bulek?

Aku; gini loh…(setelah sukses bikin stat..aku usil, liat ada pemberitahuan permintaan..dan ternyata permintaan pasangan..

”nabela meminta anda menjadi pasangannya”

Konfirmasi      Abaikan

aku semakin syok, tapi tetep aja usil. Lalu aku klik kolom konfirmasi..pikri pun diam saja…lalu munculah berita ”nabela menikah dengan Pikri , Hah aku kaget, syok lebih hebat dari yang tadi…kupikir hasilnya akan Nabela berpacaran dengan pikri..)

Pikri: kaget..tapi senyum..senyu,,sendiri..malu ..

Aku; masih syok…

Ternyata..

Seperti Anak Kecil yang Baru Bisa Bersepeda…

28 Feb

Liburan akhir tahun 2010, selama hampir seminggu dirumah, aku asik sekali bersepeda, bersama keponakanku retno dinanati, rasanya senang sekali, ceria bermain bersama anak kecil yang lain..bebas, lepas,..

Aku pun heran aku yang sudah lama tidak bersepeda bisa mengalahkan tanjakan tinggi dengan mudah, juga bersepeda di turunan yang curam tanpa mengerem. Aku tak tahu apa yang terjadi dengan kakiku, kakiku pun tidak kakukaku, mungkin karna saking bahagianya,..apa ini yang namanya semangat? Jadi aku dulu seperti ini, sangat kuat kupikir..

Saat ku kecil aku memang sangat suka bersepeda,bersama teman-temanku, ada isnia, eva, dyah, ita, ferdi, dodi, febri, wakidi, eko, eko lagi, majed, anjani, aal, sutris,yudi, heru, yeni, win,  dan beberapa temanku yang ku sedikit lupa namanya.,..meski jarak rumaku dengan SD ku sangat dekat, saking dekatnya jika bel berbunyi terdengar dirumah..tapi aku masih saja sering bersepeda..aku dan temanku dulu juga pernah dikejar anjing..rasanya takut sekali..anjing itu tepat dibelakangku..seperti nya gigi-gigi tajamnya sudah siap menggigit kakiku,,air liurnya itu loh…menjijikkan..untung aku mampu mengayuh lebih cepat lagi…dan alhamdulillah SELAMAT..

Aku berhenti bersepeda sejak masuk SMA, sejak saat itu bersepeda adalah hal yang sangat jarang kulakukan,,Dan sekarang setiap pulang ke rumah, aku selalu sempatkan waktu untuk bersepeda, bocengan dengan retno, atau dia yang memboncengku. kadang kami lakukan sehabis subuh, ketika hari masih gelap, atau sebelum magrib, keliling lingkungan rumah, berkunjung ke rumah saudara atau bermain di dekat TK dan SD. Ya aku dan retno punya TK dan SD yang sama..penduduk di lingkunganku awalnya heran, aku yang nggak pernah kelihatan, sekarang setiap pulang selalu isi absen bersepeda lewat depan rumah mereka..

Waktu itu ketika aku bersepeda dengan retno, di jalan kami bertemu dengan ibu-ibu yang memang ibunya teman SD ku, lalu ia berkata…”loh ini dinar yang suka nangis dulu ya? Yang nggak mau sekolah? Udah gede ya! Bla..bla…bla..

Aku Cuma bisa bilang iya buk, sambil senyum-senyum malu dan melongos begitu saja karna gak mau di ejek-ejek lagi…jadi yang ada dalam pikiran mereka itu…tapi lupakan mari bersepeda lagi…

Kami bersepeda menggunakan sepeda mini merah punya retno. Seandainya sepeda mini ku maih ada pasti aku sangat senang. Sayang sepeda mini jinggaku sudah entah kemana, diberikan pada orang..tapi ya sudahlah..kenangan bersama sepeda jinggaku itu masih terukir jelas di ingatanku..Mari Bersepeda…

GEROMBOLAN BOCAH TENGIL (MALING JAMBU)

25 Feb

Disuatu pagi di awal februari 2011, aku ingat sekali, itu hari kamis. Mentari berinar lembut merekahkan bunga-bunga kecil dihalaman rumahku,anggap saja rumahku banyak tanaman bunga. Disaat anak sekolah tak berseliweran di jalan depan rumah, disaat para pegawai bersantai liburan lantaran angka dikalender berwarna merah karena libur IMLEK, maka disaat itulah jalanan sepi…sementara aku duduk termangu, terenyum tipis sendirian, .dibalik jendela kamarku, yang memang letaknya ada bagian depan rumah…

 

Betapa tidak..aku melihat suatu keseriusan..ada 3 bocah tengil yang sedang asik celingak-celinguk di bawah pohon jambu depan rumahku..aku berpaling sebentar, beberapa menit kemudian satu diantara mereka sudah berada di puncak pohon, dia bergumal berceloteh sendirian karena semut hitam usil menggigit tubuh mungilnya, untung matanya sepertinya  tidak menjadi sasaran empuk tuan-tuan semut, tak lama saku celananya pun penuh, lalu ia menjatuhkan jambu-jambu itu ke temannya, sedang 2 temannya, beringsut dibawah, heboh antara mengawasi, menangkap, mengumpulkan dan menyembunyikan hasil jarahan mereka ke dalam kaos kucelnya..aku tersenyum lagi dan tetap saja membiarkan kejadian itu,.

 

Tak lama kemudian keluarlah ibukku, dengan suara sangar yang membentak dan mengacaukan keseriusan mereka ”WOYYYY ”.  Bundal-begundal kecil  itu langsung terbirit-birit..yang diatas hampir saja terjatuh..ia ditinggal lari teman-temannya…aku tertawa, sebenarnya aku juga kaget dengan hentakan suara ibuku itu..sebenarnya ibukku tidak bermaksud membentak atau memarahi mereka, hanya saja beliau tidak suka halamannya menjadi kotor karna banyak jambu dan daun-daun yang rontok, tapi kuakui memang suara ibu mengagetkan.

 

Namun fenomena ini cukup menghiburku, memang sudah lama sekali nggak melihat kejadian seperti ini..kejadian ini juga mengingatkanku, he,…aku dulu juga pernah maling jambu, juga maling buah-buah lainnya..seperti maling kedondong, buah asem, dan buah kersen..he..(loh maling kok bangga?)

 

Gimana dengan kalian  pernah maling buah apa aja waktu kecil? Mangga kah? Rambutan kah? Duku kah?  Atau timun mungkin?? Ini sekedar mengingat hal-hal lucu waktu kecil…

 

 

Hanya Tahu Sedikit…

25 Feb

Aku tidak pandai mendidik

Aku juga belum jadi ibu

Tapi yang aku tahu

Memanjakan anak itu tidak baik…

Dan aku juga berfikir

Bahwa yang salah tetap saja salah

Benar tetap saja benar

Tidak usah salah menjadi benar

Atau sebaliknya…

Ini bukan tentang keegoisan

Tapi lebih kepada menanamkan prinsip keadilan..

Juga rasa saling mendengarkan…

Itu saja karna aku hanya tahu sedikit.

curhat botol

14 Feb

CURHAT BOTOL

Akhir januari tahun 2011 ini aku melakukan suatu keanehan mungkin, aku menuliskan sebuah surat ke dalam sebuah botol dan melemparkannya ke laut. Dan itu kulakukan tidak sendiri tetapi bersama sahabat baikku nesti dan kiki,.kami tidak sedang labil, kurang kerjaan atau apalah..ini kami lakukan dengan sadar, dan matang..

 

Dalam botol itu…

Dalam surat itu..

Aku  meluapkan rasa-rasa itu, rasa sedih, kecewa, bingung, kosong, sendiri, galau… tentang kebahagiaan…

Semua kutulis…juga

Hidup, keluarga, hati, cinta, kenangan, persahabat, angan, harapan dan mimpi-mimpi…

 

Aku berharap semoga botol itu ditemukan oleh orang baik, yang mau dan bersedia membaca surat itu.. dan tidak membuangnya atau menghina-hina surat itu..ada yang membacanya saja aku sudah senang..

kura-kuraku…

14 Feb

Kura-kura kecilku

Ya, aku mempunyai  dua ekor kura-kura, yang jantan kuberi nama ’dino” sedangkan yang betina namanya ’dina”. Sebuah oleh-oleh dari kakakku ”haryo Wicaksono yang sekolah di jogja”.  Saat itu aku masih kelas 5 SD, aku masih ingat jelas tgl 7 Agustus 1999 malam hari, katanya di dalam bis ia memasukkan kura-kura tersebut kedalam botol aqua, harap maklum, kala itu ukuran dina dan dino mungkin masih sebesar biji jengkol, jadi cukup.  Saat pertama kali mendapatkan aku senang sekali, seperti mendapatkan teman baru.

Kata mas haryo kura-kura itu merawatnya mudah, secara aku selalu mati jika memelihara ikan cupang atau koki, kura-kura mampu tidak makan selama seminggu, aku senang sekali. Makanan nya pun mudah, seperti kangkung, bayam, pelet, udang dan ikan-ikan kecil. Dulu saat persediaan sayuran di rumah  habis maka aku tidak memberi mereka makan, jahat sekali bukan? Tetapi karna kasihan melihat dina dan dino yang kelaparan maka bapakku meberi mereka nasi, dan kupikir mereka tidak akan doyan atau tertarik, namun dugaanku salah, mereka lahap memakannya, ya mungkin karna kepepet.kelaparan.

Dulu aku pernah membawa dino, ke TPA tempat aku mengaji, kumasukkan ke dalam kantong dan kubawa kemanapun kumau., bersepeda keliling desa. Ketika kuperlihatkan pada teman-teman mereka heran karena leher dino bisa memanjang, untung dino tidak pipis di lantai masjid.

Pernah waktu itu aku mencium dina dan dino dihadapan teman-teman SD ku, semua heran,..mungkin mereka jijik.. jariku juga pernah digigit…tapi untung tidak parah. Dan gak Cuma aku yang jadi korban keusilan dina dino, beberapa keponakanku juga pernah digigit oleh kura-kuraku itu. Namun mereka malah tertawa kegirangan.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.